Tsunami Selat Sunda, BNPB: Belum Ada Perintah Terima Bantuan Asing

Tsunami Selat Sunda, BNPB: Belum Ada Perintah Terima Bantuan Asing

Warga Pandeglang, Banten, mencari barang dari reruntuhan bangunan akibat diterjang tsunami, Senin 24 Desember 2018

JAKARTA – Pemerintah Indonesia belum membuka peluang untuk menerima tawaran negara lain yang ingin membantu penanganan korban bencana tsunami di Banten dan Lampung Selatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengakui beberapa negara sudah menawarkan bantuan untuk ikut menangani korban bencana.Salah satunya tawaran bantuan dari Australia. “Ada beberapa negara yang menawarkan memberikan bantuan contohnya Australia. Tetapi sampai saat ini belum ada perintah dari Bapak Presiden untuk menerima bantuan internasional,” tutur Sutopo saat menggelar jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (25/12/2018).
Menurut dia, dampak bencana tsunami belum bisa dikategorikan sebagai bencana nasional. BNPB dan tim gabungan masib sanggup melakukan penanaganan di lokasi terdampak tsunami.

Baca Juga

Kendati demikian jika nanti Presiden memerintahkan Menteri Luar Negeri menerima bantuan internasional, BNPB segera melakukan koordinasi dengan pemerintah.

“Menteri Luar Negeri akan berkoordinasi dengan BNPB untuk mengatur bagaimana mekanisme bantuan internasional. Tapi sampai saat ini belum perintah dari Presiden untuk menerima bantuan dari internasional,” tuturnya.

Sumber: SINDONEWS

LAINNYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *