Adat Saibatin Gelar Program Kerja, Dendi Nganjak Saibatin Harmonis Oleh Pemerintah

PESAWARAN, INTAILAMPUNG.COM – Untuk menjaga kesatuan dan kesatuan masyarakat Adat Ajang Saibatin Kabupaten Pesawaran, ketua adat, Paduka Minak Mangku Batin, Firman Rusli, menjalani progam hasil kerja adat, dan progam kerja adat kedepan sekaligus mengembalikan marwah adat dan mengelar buka puasa (Bukbar) bersama di Gedung Pokdar Kedaton Bandarlampung. Minggu (26/5). malam.

Bukbar ini juga, untuk menjaga kesatuan dan persatuan masyarakat adat. Dimana acara ini juga mengelar silaturahmi antara masyarakat adat dan Bupati Pesawaran Dendi Romadhona.

“Progam ini kita gelar untuk menjalani program kerja yang sudah, program kerja adat kedepan, dan mengembalikan marwah adat, sekaligus mengelar berbuka puasa bersama masyarakat adat dan Bupati, sekaligus untuk saling bersilaturahmi dan tatap muka,” ungkapnya

Firman Rusli juga mengatakan, untuk Bukbar bersama, nantinya akan dikumpulkan 97 penyimbang yakni (97 desa red) 6 Kebandaraan 4 sekutuan, Yakni, seputih, selimau, sebadak dan istibhatho.

“Kita akan kumpulkan semua para penyimbang yang tersebar dibeberapa kecamatan dan beberapa kabupaten dalam acara ini” kata dia

Antusias masyarakat adat untuk kedatangan masyarakat adat dan para tamu diluar adat di kantor (Pokdar red). Kata Firman, membutuhkan persiapan matang.

“Kita mulai satu minggu lalu sudah mempersiapkan tempat untuk kedatangan para tamu-tamu di kantor pokdar,” ujarnya

Kata Ketua adat ajang saibatin dan sekaligus Ketua Pokdar provinsi Lampung, menegaskan bahwa momen ini untuk lebih mempererat adat ajang saibatin.

“Ini (ajang saibatin red) persatuan semakin terjaga dan selalu solid. Maka adat tidak bisa di perpecahan belahan untuk kesatuannya,” pungkasnya

Sementara Bupati Pesawaran sekaligus pembina utama adat ajang saibatin pesawaran Paksi panca marga, Dendi, meminta terhadap masyarakat ajang saibatin dapat berharmonis dengan pemerintah pesawaran dalam pembangunan untuk memajukan masyarakat diKabupaten pesawaran.

  Kepala Sekolah Harus Tau Wartawan Bener dan Wartawan Abal-Abal

“Saya berterima kasih. Dan saya sudah mendengar terkait aktifitas ajang saibatin selama ini untuk menjalankan aktifitasnya dan tujuan kedepan ajang saibatin, maka kalau tidak dari sekarang harmonisasi, dan saya tidak mau seperti kabupaten lain, orang adat dipesawaran ” ujarnya

Bukan itu saja, Dendi juga berpesan untuk saling memberi pemasukan baik adat maupun pemerintah.

“Acara (hari ini) berpasan agar saling memberi masukan baik adat maupun pemerintah, Saya juga meminta adat ajang saibatin kedepan sebagai wadah adat dan bisa memajukan masyarakat pesawaran,” pungkasnya. (Al- IL).

Baca Juga

LAINNYA