Dendi : Karang Taruna Harus Jadi Garda Terdepan Dalam Pembangunan Desa

INTAILAMPUNG.COM – Karang Taruna diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam mengembangkan potensi diri dan kesejahteraan sosial di Desa sehingga selaras dengan program Pemerintah.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona saat menghadiri Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Tulang Bawang Barat Masa Bhakti 2021-2026, Selasa (22/06/2021).

“Sebagai organisasi sosial yang berada di desa, Karang Taruna harus mampu menjadi ujung tombak dan garda terdepan dalam pembangunan kesejahteraan sosial dan diharapkan akan menjadi penghambat urbanisasi masyarakat desa ke kota dengan melakukan pengembangan Karang Taruna Desa sebagai wujud dukungan dan sinergi kepada pemerintah untuk memajukan desa,” ungkapnya.

Selaku Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung dan sekaligus sebagai Bupati Pesawaran (Bumi Andan Jejama) Dendi Ramadhona menyampaikan, bahwa di tengah perkembangan teknologi saat ini, Karang Taruna juga di tuntut untuk segera menyesuaikan diri.

“Kita harus dapat berkiprah dan berperan, sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna harus mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan, enterpreneurship yang mampu menembus arus globalisasi dengan memanfaatkan beragam teknologi yang ada,” ujar dia.

Lebih Lanjut kata Dendi, program karang taruna harus selaras dengan program pembangunan yang digagas oleh Pemprov Lampung. Sebagaimana Program Smart Village adalah Program Desa Cerdas Berbasis Digital yang diinisiasi oleh Pemprov Lampung melalui Program Bapak Gubernur Lampung yang berfokus pada Desa.

“Melalui gerakan kesadaran sosial masyarakat di desa, peduli pada perubahan digital dengan melibatkan Perangkat Daerah terkait dan terintegrasi dari Tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Pusat,” terangnya

“Maka dari itu, warga Karang Taruna juga harus tetap solid dan kukuh dalam satu wadah organisasi sebagai motivator, fasilisator sekaligus dinamisator pembangunan desa,” tegasnya.

  DLH Pesawaran Dikangkangi Perusahan Sagu Aren Di Kecamatan Negri Katon

Sementara itu, Umar Ahmad, selaku Bupati Tulang Bawang Barat sepakat dengan apa yang telah disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung.

“Ditengah berbagai dinamika kehidupan saat ini, salah satu tantangan yang dihadapi oleh kalangan pemuda adalah bagaimana agar pemuda dapat lebih memberdayakan dirinya sendiri sehingga pada akhirnya dapat tampil dan memberi kontribusi yang lebih maksimal bagi kemajuan masyarakat,” terangnya.

Ia pun mengajak seluruh pemuda termasuk yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna, untuk merumuskan konsep baru ataupun menghidupkan kembali berbagai metode pemberdayaan bagi kalangan pemuda, yang tentunya semua itu disesuaikan dengan tren perkembangan zaman.

“Saya berharap semangat kepemudaan dapat tetap dikobarkan, demi tercapainya cita-cita Kabupaten Tulang Bawang Barat menuju masa depan,” tutupnya. (DN/SMSI)

Baca Juga

LAINNYA